181489816351187bae4cc15.jpg

TENGGARONG- Pelaksanaan  lomba Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) sesungguhnya bukanlah sekedar memperlihatkan keterampilan qori dan qoriah dalam melantunkan keindahan ayat – ayat suci Al-Quran, namun juga menyampaikan pesan – pesan suci bahwa Al-Qur’an adalah sumber kebenaran, kebaikan, kesejahteraan dan keselamatan serta mengandung nilai – nilai pembentuk akhlak manusia yang paripurna, yang tentunya sangat penting bagi kita, khususnya bagi Kecamatan Tenggarong dalam melanjutkan cita – cita pembangunan sesuai dengan visi Gerbang Raja yaitu masyarakat sejahtera dan berkeadilan. Demikian dikatakan Camat Tenggarong Tajuddin Noor.S, ketika membuka kegiatan MTQ ke 5 Tingkat Kecamatan Tenggarong di Masjid Al- Qadar Kelurahan Melayu Tenggarong, Jumat malam ( 8/2 ), yang diawali dengan Pelantikan Dewan Hakim MTQ ke 5 oleh Camat Tenggarong Tajuddin Noor S sekaligus penyerahan piala bergilir dari juara umum MTQ  ke 4 kepada Camat Tenggarong yang selanjutnya diserahkan kepada panitia untuk diperebutkan kembali.

Sebagai seorang muslim, seseorang diperintahkan Allah untuk menerapkan prinsip – prinsip yang terkandung dalam Al-Quran secara komprehensip ( kaffah ) dimana al-Quran dijadikan rujukan dalam setiap gerak dan langkah kita dalam perjalanan hidup dan kehidupan dimuka bumi ini, tambahnya. Tajuddin juga berharap melalui MTQ ini mampu memberantas buta aksara Al-Quran, dan Insya Allah masyarakat bisa mencintai Al-Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari sehingga masyarakat Tenggarong senantiasa mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT.

“Alhamdulillah, pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan ini semakin tahun semakin meningkat, baik dari segi kualitasnya maupun kuantitas ,pesertanya pun setiap tahun bertambah dari semua cabang yang dilombakan baik tilawah, tahfiz,tafsir,fahmil Qur’an, hottil Qur’an, kaligrafi, pildacil dan lainnya. Dimana dari hasil MTQ ini nantinya akan mewakili Kecamatan Tenggarong pada lomba MTQ di Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara yang akan dilaksanakan di Kecamatan Muara Muntai, bulan Maret mendatang,” jelas Tajuddin.

Diakhir sambutannya Tajuddin Noor S berharap kepada para dewan hakim dapat melaksanakan tugas secara lebih professional, jujur, adil serta bertanggung jawab sehingga hasil MTQ ini benar – benar mendapat kualitas terbaik, selamat bertanding kepada para qori dan qoriah semoga semuanya dapat berjalan sukses dan lancar . Sementara itu, menurut ketua umum panitia pelaksana yang juga Lurah Melayu Kecamatan Tenggarong Rustam Effendi mengatakan, tujuan dilaksanakannya  MTQ ke 5 ini adalah untuk menyebarluaskan Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam, sebagai penyempurna daripada ajaran-ajaran yang diturunkan kepada nabi - nabi sebelumnya dan sebagai tuntunan serta sebagai pegangan kita dalam kehidupan sehari - hari berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,  diikuti sebanyak 201 peserta yang berasal dari 12 kelurahan dan 2 desa dalam wilayah kecamatan Tenggarong, yaitu Kelurahan Melayu 26 peserta, Timbau 27, Sukarame 22, Kelurahan Baru 18, Mangkurawang 13, Bukit Biru 20, Panji 10, Loa Ipuh 20, Jahab 10, Loa Ipuh Darat 11, Bendang Raya 13, Desa  Loa Tebu 1 dan Desa Rapak Lambur 1 peserta yang akan berlangsung dari tanggal 8 s/ d 12 Februari 2013 .

Adapun cabang – cabang yang dilombakan meliputi tilawah, tahfizh, tafsir, qiraat mujawwad, khotil qur’an dan pildacil dengan memakai 4 ( empat ) lokasi kegiatan yaitu arena utam di Masjid Al-Qadar, Gedung MTs, Balai Patra dan Langgar Al Barokah Kelurahan Melayu Tenggarong. Acara pembukaan MTQ ke 5 tingkat kecamatan Tenggarong ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh camat Tenggarong didampingi ketua umum, Kapolsek, Danramil dan Kepala KUA Tenggarong. ( hmp 04 ).