Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan pembunuh no-mor satu di Indonesia bahkan di dunia. Mes-ki penyakit ini menakutkan bagi masyarakat, namun apabila masyarakat mampu menga-tasi dengan memperhatikan pola hidup se-hat maka penyakit ini bisa diatasi secara seksama.

Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Ca-bang Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mengukuhkan pengurus Klub Jantung Sehat (KJS) Kecamatan Tenggarong. Acara ini digelar di ruang pertemuan kantor Camat Tenggarong, dihadiri Camat Tenggarong Tajudin Noor serta forum koordinasi pimpinan kecamatan, Jumat (1/3).

Pembentukan sekaligus pengukuhan KJS  dipimpin langsung ketua YJI Cabang Kabupaten KutaiKartanegara Hj Dayang Kartini Syaukani. Dalam sambutannya, Dayang Kartini mengatakan pembentukan KJS merupakan salah satu jawaban sekaligus tantangan bersama, dalam rangka mencegah dan terhindar dari bahaya penyakit jantung dan pembuluh darah. Hal ini sangatlah beralasan mengingat KJS merupakan ujung tombak dalam upaya mensosialisasikan dan menyebarluaskan informasi mengenai penyakit ini dan cara mencegahnya kepada masyarakat luas. Ia juga menaruh harapan besar kepada pengurus yang telah dibentuk agar dapat melaksanakan tugas yang diemban dan amanah yang dipercayakan, terutama dalam upaya mensosialisasikan bahaya penyakit jantung dan pembuluh darah melalui penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat.

Camat Tenggarong Tajudin Noor mengatakan kepercayaan yang diberikan ini selain menjadi kebanggan juga merupakan suatu amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh lurah, kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk lebih proaktif dalam melakukan sosialisasi tentang penyakit jantung dan pembuluh darah. “Buatlah program yang sederhana dan tidak terlalu muluk-muluk, namun manfaatnya betul-betul dapat dirasakan oleh masyarakat banyak terutama manfaat bagi kesehatan tubuh,” ujarTajudin.

Adapun pengurus yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 019/sk/YJI-CKK/II/2013 masa bakti 2013-2018 mengukuhkanYeni Suwarni sebagai ketua, sekertaris Istikharah, bendahara Siti Hadijah, dan beberapa bidang. Setalah melakukan pengukuhan seluruh pengurus cabang Kukar dan Pengurus Kecamatan Tenggarong melakukan senam jantung sehat bersama di halaman kantor camat Tenggarong. (robby_hmp12).

Sumber:// http://www.korankaltim.com